Langkah- Langkah Mengukur Freon AC Pada Mobil

AC merupakan salah satu komponen yang saling terikat. Maka sari itu jika salah satu dari komponen tersebut rusak maka semuanya akan rusak. AC merupakan salah satu sistem yang dapat membuat sebuah ruangan menjadi nyaman, selain digunakan pada sebuah ruangan saat ini AC sudah banyak digunakan pada sebuah mobil. Freon merupakan salah satu komponen penting dalam AC yaitu dapat menyejukan sebuah ruangan. Ketika Freon pada AC habis tentu saja anda segera menggantinya.

Namun ketika anda anda akan mengganti Freon AC tersebut anda pun harus mengetahui langkah-langkah mengukur Freon AC pada mobil anda. apa sajakah itu ? simak ulasannya berikut!
Berikut ini langkah-langkah mengukur Freon AC pada mobil yang dapat anda ketahui, diantaranya :
1. Kran dari manifold gauge tertutup
Langkah yang pertama yang dapat anda lakukan ketika mengukur Freon AC pada mobil yaitu memeriksa kran dari manifold gauge tertutup sesuai dengan gerakan arah jarum jam. Hal ini berlaku dalam kondisi berlaku untuk jenis kran rendah ataupun kran tinggi.

2. Mulai memasang naple biru
Langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk dapat mengukur Freon AC pada mobil yaitu anda harus mengatur terlebih dahulu posisi kran dalam keadaan tertutup, setelah itu mulailah memasang naple biru pada sebuah service valve dengan tekanan dalam keadaan rendah. Sedangkan untuk naple yang berwarna merah maka anda gunakan pada service valve dengan tekanan tinggi. Namun anda juga disarankan untuk memasang naple dengan cara yang benar, dikarenakan pada setiap AC mobil memiliki posisi naple yang berbeda-beda.

3. Pasang naple pada posisi memutar
Selanjutnya langkah yang harus anda lakukan yaitu memasang naple dengan posisi memutar searah dengan jarum jam. Setelah itu tarik kancingan bawah sesuai dengan arah pada panah naple agar dapat masuk pada bagian service valve dengan sesuai. Jasa Service dan Jual Chiller ini untuk ac yang bertekanan tinggi ataupun bertekanan rendah.

4. Putar kedua kancingan pada tekanan tinggi
Selanjutnya putarlah kedua kancingan pada tekanan rendah atau tinggi sesuai dengan arah jarum jam. Selain itu juga anda dapat memutarnya sesuai dengan arah open pada bagian service valve terbuka kemudian Freon akan mengalir dengan sebaik mungkin. Selain itu juga tekanan pada Freon tersebut dapat diukur menggunakan alat ukur.

5. Hasil ditunjukkan oleh manifold

Selanjutnya yaitu hasil akan ditunjukan oleh alat ukur selain itu biasanya hasilnya pun akan ditunjukan sesuai dengan AC mobil sebelum dinyalakan. Maka dari itu AC mobil yang menunjukan angka 70-90 psi maka AC berada dalam keadaan tekanan normal. selain itu juga anda dipastikan untuk dapat membaca takanan yang ada pada alat ukur dengan sejelas mungkin. Namun jika alat ukur yang anda gunakan tidak terbaca itu berarti adanya kesalahan dengan alat ukur yang anda gunakan.
Nah, itulah langkah-langkah mengukur Freon AC Pada mobil yang dapat anda ketahui. semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *